Penjelasan
singkat seputar Manajemen
Sebelum kita membahas pengertian manajemen menurut
para ahli, ada baiknya jika kita tahu dulu berasal darimana kata Manajemen itu.
Manajemen berasal dari bahasa inggris “management” yang berasal dari kata dasar
“manage”. Definisi manage menurut kamus oxford adalah “to be in charge or make
decisions in a business or an organization” (memimpin atau membuat keputusan di
perusahaan atau organisasi). Dan definisi management menurut kamus oxford
adalah “the control and making of decisions in a business or similar
organization” (pengendalian dan pembuatan keputusan di perusahaan atau
organisasi sejenis).
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
* Menurut Henry Fayol
Menyebutkan ada lima fungsi manajemen, yaitu
merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan.
Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan
melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam
melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
*Menurut Prof. Oie Liang Lee
Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan
serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
Manajemen pun terbagi menjadi beberapa diantaranya
:
- Manajemen pemasaran
- Manajemen keuangan
- Manajemen akuntansi manajemen
- Manajemen operasional
- dll.
*Pengertian Manajemen pemasaran
1. Menurut Dharmmesta dan Handoko, yang dimaksud
dengan manajemen pemasaranadalah berbagai kegiatan pokok yang dilakukan oleh
sebuah perusahaan untuk terus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya,
untuk kemudian berkembang, dan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.
2. Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan
dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan,
barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan
individu dan organisasi (Kotler, 1997).
*Pengertian Manajemen keuangan
Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan
perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian
dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.
Penjelasan Singkat Masing-Masing Fungsi :
Perencanaan Keuangan : Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta
kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
Penganggaran Keuangan : Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan
membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
Pengelolaan Keuangan : Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan
dana yang ada dengan berbagai cara.
Pencarian Keuangan : Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada
untuk operasional kegiatan perusahaan.
Penyimpanan Keuangan : Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana
tersebut dengan aman.
Pengendalian Keuangan : Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan
dan sistem keuangan pada paerusahaan.
*Pengertian Manajemen akuntansi manajemen
Akuntansi Manajemen atau Akuntansi Manajerial
adalah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan
informasi akuntansi untuk manajer atau manajemen dalam suatu organisasi dan
untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang
akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan
fungsi kontrol.
*Pengertian Manajemen operasional
1.Menurut Jay Heizer dan Barry Render manajemen
operasi adalah serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang
dan jasa dengan mengubah input menjadi output.
2. Menurut Pangestu Subagyo, manajemen operasi
adalah penerapan ilmu manajemen untuk mengatur kegiatan produksi atau operasi
agar dapat dilakukan secara efisien.
Adapun beberapa fungsi manajemen menurut beberapa
para ahli :
Newman mengemukakan bahwa fungsi manajemen adalah
sebagai berikut :
Perencanaan (Planning)
Pengorganisasian (Organizing)
Pengumpulan sumber (Asembling Resources)
Pengendalian kerja (Supervising)
Pengawasan (Controlling)
Namun yang lebih dikenal dan biasa digunakan oleh
organisasi adalah fungsi manajemen yang dikemukakan oleh George Tery, fungsi manajemen terdiri atas :
Perencanaan (Planning)
Pengorganisasian (Organization)
Penggerakan pelaksanaan (Actuating)
Pengawasan (Controlling)
Dari pendapat mengenai fungsi manajemen di atas,
secara keseluruhan menempatkan perencanaan (Planning) pada urutan paling atas,
dengan demikian para ahli menempatkan perencanaan hal paling penting dalam
fungsi manajemen.
Tingkatan Manajemen
Setiap manajer pada tingkat yang berbeda berurusan
dengan hal-hal yang berbeda pula. Salah satu cara mengambarkan perbedaan itu
adalah dengan mengelompokkan para manajer sebagai berikut:
Kelompok
Eksekutif; para eksekutif menangani hubungan perusahaan dengan lingkungan
luarnya. Mereka menangani persoalan-persoalan yang berkaitan dengan posisi
perusahaan, kebutuhan pelanggan, dan masyarakat.
Manajer
Menengah; memusatkan perhatian pada perencanaan dan menjaga pengoperasian
sistem dan prosedur di dalam perusahaan. Tugas mereka adalah memastikan bahwa
perusahaan beroperasi secara efektif dan efisien. Setiap unit bekerja secara
sinkron untuk mencapai tujuan perusahaan.
Manajer
Supervisi; para supervisor berurusan dengan pelaksanaan pekerjaan secara
langsung dengan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas melalui pengarahan dan
balikan (feedback) yang efektif dan efisien.
Karena setiap manajemen memiliki fungsi dan titik
berat masing-masing, ada kemungkinan terjadinya konflik. Misalnya, Manajer
Menengah mungkin sekali mendesain suatu sistem atau prosedur baru yang berhasil
baik bagi hampir semua karyawan. Contoh lain, para eksekutif mungkin memiliki
rencana pemasaran jangka panjang yang menyebabkan para Manajer Menengah harus
mengubah sistem operasi. Hal ini dapat menimbulkan pekerjaan dan perhatian
ekstra dari para Manajer Menengah. Adakalanya para Manajer Menengah atau
supervisor merasa bahwa keputusan yang diambil para eksekutif tidak masuk akal.
Dengan kata lain, perubahan yang terjadi dalam perusahaan akan mempengaruhi
semua tingkat manajemen. Kemungkinan dapat terjadi konflik diantara tingkat
manajemen. Namun, komunikasi yang terpelihara dengan baik diantara semua
tingkat manajemen dalam suatu perusahaan akan dapat mencegah atau menanggulangi
konflik yang terjadi.
Sumber
http://rajapresentasi.com/2009/05/manajemen-konflik-cara-mengelola-konflik-secara-efektif/
http://dinaliajuhaedi.wordpress.com/2012/05/06/manajemen-konflik/
Terimakasih materi manajemennya
BalasHapussaling kunjung ke blog saya ya
Ikubaru's Blogzia: Labeel Ekonomi
Mari kita bertukar ilmu :D