Tugas 1 Manajemen
Manajemen
Manajemen merupakan
rangkaian dalam suatu puteran dalam membangun sebuah usaha perbuatan
menggerakkan karyawan dan mengerahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan kerja
sama yang telah ditetapkan benar-benar tercapai
Menurut James A. F.
Stoner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan pengguunaan sumber
daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan .
Dari definisi tersebuat
stoner menggunakan kata proses, bukan seni. Mengartikan manajemen sebagai seni
mengandung arti bahwa hal itu adalah kemampuan atau keterampilan pribadi, suatu
proses adalah cara sistematis untuk melakukan pekerjaan. Manajemen dididefiniasikan
sebagai suatu proses karena semua manajer, tanpa memperdulikan kecakapan atau
keterampilan khusus mereka harus melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu yang
saling berkaitan untuk mencapai tujuan-tujuan yang mereka inginkan.
Jenis-Jenis Manajemen
* Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran
adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha
untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana
bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan
*Manajemen Produksi
Manajemen Produksi adalah
penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai
dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik
produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga
produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
* Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah
kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk
memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara
ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya
merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana
modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang
dijalankan
* Manajemen Informasi
Manajemen Informasi
adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha
memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam
jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk
menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik
informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang
dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat
*Manajemen Sistematis
Manajemen Sitematis
menunjukkan bahwa segala sesuatu diatur secara sistematis,yaitu secara tertib,
rapi dan teratur dengan tujuan untuk menghindarkan hal-hal yang tidak
dikehendaki.
*Manajemen Terbuka (Open
Management)
Manajemen Terbuka sering
menimbulkan salah pengertian, yang dimaksud dengan “terbuka“ di sini adalah di
mana pimpinan sebelum mengambil suatu keputusan terlebih dahulu memberi
kesempatan kepada staf dan bawahannya untuk memberikan saran-saran, ide-ide
atau pendapat-pendapat, namun keputusan tetap ditentukan oleh pimpinan.
* Manajemen Demokratis
Yang dimaksud dengan
demokratis di sini adalah mengarah ke demokrasi Pancasila. Jadi para staf dan
bawahan bukan sekedar menyumbangkan pemikiran , prakarsa serta pertimbangan
semata, tetapi ikut serta menentukan keputusan atas dasar musyawarah untuk
mufakat.
* Manajemen tradisional.
Manajemen Tradisional
adalah manajemen yang digunakan dengan sistem kerja dan cara berpikir mengikuti
cara-cara zaman dahulu dan bahkan sampai masa sekarang ini masih ada yang
menggunakannya. Manajemen tradisional biasanya digunakan turun temurun, tidak
ada kreasi, monoton dan tidak dinamis.
-Kepemimpinan
Kepemimpinan (leadership)
telah didefinisikan oleh Stoner seagai suatu prose pengarahan dan pemberian pengaruh
pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan
tugasnya.
Pertama, kepemimpinan
menyangkut orang lain : bawahanatau pengikut
Kedua, kepemimpinan menyangkut suatu pembagian
kekuasaan yang tidak seimbang diantara para pemimpindan angota kelompok
Ketiga, selain dapat
memberikan pengarahan pada bawahan atau pengikut, pimpinan juga dapat
menggunakan pengaruh.
Kepemimpinan adalah
bagian penting manajemen, tetapi tidak sama dengan manajemen. Kepemiminan
merupakan kemampuan yang dipunyai seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain
agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran. Manajemen mencakup kepemimpinan,
tetapi juga mencakup fungsi-fungsi lain seperti perencanaan, pengorganisasian
dan pengawasan.
Ada dua fungsi utama dari
seorang pemimpin, yaitu : (1).Fungsi pemecahan masalah dan (2). Fungsi Sosial
1. Fungsi pemecahan masalah
Fungsi ini berhubungan
dengan tugas seorang pemimpin dengan pekerjaan yang mencakup memberikan jalan
keluar dari suatu masalah, memberikan pendapat dan inforamasi.
2. Fungsi Sosial
Fungsi sosial berhubungan
dengan kehidupan kelompoknya yang mencakup mendorong anggota kelompok untuk
mencapai tujuan dan menjaga suasana kelompok.
Sumber:
Handoko, H. T. Dr. 1986
Manajemen Gadjah Mada, Yogyakarta
Endang, Sri R,Sri
Mulyani, Suyetty. 2010. Modul Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan
Administrasi Perkantoran. Penerbit Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar